Info Tentang Mata Bintitan

Ketika seseorang mengalami Bintitan pada mata kerap kali dikaitkannya dengan mengintip orang mandi, naman nyatanya Bintitan pada mata disebakan oleh bakteri stafilokokus. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri biasanya terjadi pada akar bulu mata, kelenjar minyak, dan kelenjar keringat. Bakteri stafilokokus biasanya tumbuh hidup pada manusia tanpa menimbulkan penyakit.  Namun risiko bintitan akan meningkat apabila kita menyentuh mata dengan tang yang kotor.

Bintitan merupakan istilah yang sering diucapkan apabila mata memiliki bintil kecil di kelopak mata, bintitan memang salah satu gangguan kesehatan pada mata yang bisa terjadi karena disebabkan oleh gangguan kesehatan pada mata yang akan menyebabkan mata bintitan. bintitan biasanya datang secara tiba tiba saat bangun tidur mulai terlihat ada yang menonjol. Tidak nyaman rasanya kalau mengalami bintitan pada mata kita, kondisi ini juga bisa dialami hanya pada satu mata atau pun keduanya. Dari segala usia bisa mengalami bintitan karena bintitan terjadi pada kapan saja, bintitan disebabkan oleh kondisi mata yang terinfeksi tau pun di sebabakan oleh gangguan kesehatan mata karena iritasi dan sebagainya. Bintitan bisa terjadi dikelopak mata bagian luar tapi terkadang juga bisa muncul di bagaian dalam.

Gejala-gejala Bintitan

Indikasi bintitan mudah terdeteksi dari tumbuhnya benjolan merah yang mirip bisul pada kelopak mata, Gejala-gejala lain yang menyertai kondisi ini meliputi:

  • Mata berair.
  • Mata atau kelopak mata yang memerah.
  • Kelopak mata yang bengkak dan terasa nyeri.

Hampir semua kasus bintitan tidak membutuhkan penanganan medis khusus dan bisa sembuh dengan sendirinya, oleh karena itu anda sebaiknya memeriksa ke dokter jika bintitan yang anda alami tidak menunjukkan tanda-tanda membaik setelah 2 hari dan pembengkakan bisa menyebar hingga ke pipi.

Penyebab dan Faktor Risiko Bintitan

Penyebab bintitan di sebabkan oleh bakteri yang hidupnya di kulit, keadaan tangan yang kotor dan terdapat bakteri yang menempel dan menyentuh mata bisa menyebabkan adanya bintitan di kelopak mata bagian luar maupun bagian dalam.
Selain itu bisa disebabkan oleh bakteri, bintitan juga bisa dialami karena di picu oleh debu atau iritasi debu. mata yang terkena debu bisa menyebabakan infeksi juga yang akan menyebabakan peradangan pada mata. Selain itu terdapat serjumlah faktor risiko lain meliputi:

  • Menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa
  • Tidak membersihkan kosmetik ketika tidur
  • Memakai lensa kontak yang bisa steril atau tangan anda tidak bersih saat memasangnya
  • Mengidap peradangan pada kelopak mata atau blefaritis.

Pengobatan Bintitan

Sebagian besar bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-20 hari. Bintitan akan hilang setelah pecah dan mengeluarkan nanah,dan jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan bintitan sendiri karena dapat memicu penyebaran infeksi. Terdapat langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala serta ketidaknyamanan karena bintitan, Beberapa di antaranya adalah:

-Menjaga kebersihan mata dengan baik salah satu cara untuk mengurangi bintitan yang dapat dilakukan adalah perawatan bintitan dengan membersihkan mata dengan baikyaitu, cuci muka pun harus dengan kapas basah. penting untuk menghindari make up pada mata agar tidaksemakin kotor, hindari eye shadow, eyeliner dan make up .
-Pembengkalan pada mata yang terlihat jelas karena bintitan pun bisa di kurangi dengan cara di konpres.
-Agar proses penyembuhan bintitan berlangsung cepat, maka hindati juga penggunaan lensa kontak sehingga mata tidak teriritasi.
-Jika bintitan menyebabkan rasa nyeri yang menganggu maka bisa mengunakan obat untuk meredakan nyeri.

Pencegahan Bintitan

Menjaga kebersihan mata adalah langkah penting agar terhindar dari bintitan. Proses ini bisa dilakukan melalui langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

-Janagn menggosok mata. Tindakan ini dapat membuat iritasi pada mata dan perpindahan bakteri ke mata.
-Lindungi mata anda dengan senantiasa mencuci tangan sebelum menyentuh atau memakai kacamata pelindung saat membersihkan rumah agar terhindar dari debu.
-Perhatikan kosmetik yang anda gunakan, hindari kosmetik yang kadaluarsa da selalu bersihkan setelah anda memakai make up.
-Segera tangani infeksi atau inflamasi pada kelopak mata dengan seksama

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s